Wednesday, July 21, 2010

Apakah Anda Seorang Quantum Teacher?

Kemampuan Anda berkomunikasi, digabungkan dengan rancangan pengajaran yang efektif, akan memberikan pengalaman belajar yang dinamis bagi siswa. Tetapi, terlebih dahulu mari kita bahas apakah: Quantum Teacher itu dan apa yang dilakukannya. Apakah ciri-ciri seorang guru yang memperoleh hasil kuantum dengan siswa mereka? Sejenak bacalah daftar di bawah ini. Gunakanlah sebagai daftar pribadi.

Dalam skala 3 poin (1=rendah, 2=rata-rata, 3=tinggi) nilailah diri Anda untuk setiap ciri berikut ini:
a. Antusias: menampilkan semangat untuk hidup
b. Berwibawa: menggerakkan orang
c. Positif: melihat peluang dalam setiap saat
d. Supel: mudah menjalin hubungan dengan beragam siswa
e. Humoris: berhati lapang untuk menerima kesalahan
f.  Luwes: menemukan lebih dari satu cara untuk mencapai hasil
g. Menerima: mencari di balik tindakan dan penampilan luar untuk menemukan nilai-nilai inti
h. Fasih: berkomunikasi dengan jelas, ringkas, dan jujur
i.  Tulus: memiliki niat dan motivasi positif
j.  Spontan: dapat mengikuti irama dan tetap menjaga hasil
k. Menarik dan tertarik: mengaitkan setiap informasi dengan pengalaman hidup siswa dan perduli akan diri siswa
l.  Menganggap siswa "mampu": percaya akan dan mengorkestrasi kesuksesan siswa
m. Menetapkan dan memelihara harapan tinggi: membuat pedoman kualitas kerja yang memacu setiap siswa untuk berusaha sebaik mungkin.

Seorang Quantum Teacher mengorkestrasi pembelajaran sesuai dengan modalitas dan gaya para pelajarnya. Quantum Teacher mengajarkan keterampilan hidup di tengah-tengah keterampilan akademis, mencetak atribut mental/fisik/spiritual para siswanya. Quantum Teacher mendahulukan interaksi dalam lingkungan belajar, memperhatikan kualitas interaksi antarpelajar, antara pelajar dan guru, dan antara pelajar dengan kurikulum.

Ingatlah definisi kuantum: "Interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya." Quantum Teacher menyingkapkan energi alamiah dalam diri setiap siswa dan mengorkestrasi interaksi yang mengubah energi tersebut menjadi cahaya bagi orang lain.

Apakah semua itu mengarah ke hal-hal ideal? Tidak realistis? Tidak juga. Banyak guru seperti Anda menampilkan sifat ini setiap hari. Pertanyaannya adalah, seberapa konsisten mereka menampilkan sifat ini? Memperoleh hasil luar biasa dari orang biasa memerlukan konsistensi dan kongruensi. Artinya, secara konsisten menyampaikan informasi dengan baik, dan membangun kongruensi antara keyakinan kita tentang kapasitas belajar siswa yang luar biasa dan cara kita membawakan kurikulum. Konsistensi dan kongruensi ini harus terjadi sepanjang hari, saat demi saat, agar dapat mengubah pengalaman sekolah sehari-hari menjadi peristiwa yang meningkatkan kehidupan.

Taken from: DePorter, B. dkk. 2005. Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas. Bandung: Kaifa.

No comments:

Post a Comment